AhlinyaObatHerbal, Jakarta – Indonesia Fashion Week (IFW) edisi ke-11 rencananya akan digelar pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Setelah tahun lalu menonjolkan pesona Gorontalo, IFW 2024 akan menghadirkan kaleidoskop budaya Betawi dengan mengusung tema “Anyaman Langgam Jakarta”.
“‘Langgam Jakarta Teranyam’ akan mencoba menangkap esensi persatuan dan keberagaman melalui kacamata fesyen,” kata Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono saat konferensi pers di Senayan. kawasan, Jakarta Pusat, Rabu 21 Februari 2024.
Ia melanjutkan: “Jakarta bisa dikatakan sebagai tempat meleburnya esensi keberagaman dengan memadukan tradisi Melayu, Tiongkok, Arab, Eropa, dan Betawi. Dengan cara ini, kami berharap penonton dapat merasakan perjalanan visual yang melampaui batas. batas-batas budaya dan merangkul keindahan banyak budaya.”
Di sisi lain, jenis koleksi pakaian juga diharapkan dapat mencerminkan budaya modern Jakarta sebagai kota besar. Rangkaian busana tersebut, kata Poppy, akan mereproduksi budaya tradisional ibu kota, selain mengedepankan fesyen berkelanjutan.
Secara khusus, menurut desainer hebat tersebut, pakaian yang ditampilkan di IFW 2024 menampilkan kain tradisional nyaman yang terinspirasi dari batik Malaysia, sulaman sutra Tiongkok, desain geometris Arab, dan fleksibilitas perkotaan.
Semua itu berpadu sehingga menciptakan kombinasi unik yang menjadi ciri khas budaya DKI Jakarta, kata Poppy. Hal itu benar-benar terlihat pada trunk show yang merupakan rangkuman seluruh koleksi yang akan ditampilkan di runway IFW tahun ini.
Pada seri ini terdapat potongan kebaya encim berwarna cerah dengan hiasan desain berbeda yang memberikan kesan sederhana pada pakaian. Ada pula batik natural dengan warna netral yang didominasi warna nila sejuk.
Simbol Jakarta juga tampak pada gambar Monas, ondel-ondel, dan tulisan “kerak telor”. Saat ini, busana yang dikenakan beragam, mulai dari atasan berpotongan asimetris yang terlihat lancip, gaun kecil, gaun panjang dan kereta rendah, hingga rompi unisex.
Ada juga bangunan atas berwarna ungu kehijauan yang menakjubkan, tapi tidak banyak. Jadi, kreasi kain sebagai background, atasan halter yang dipilin dan punggung terbuka, serta eksplorasi berbagai material, termasuk material yang memberikan kesan mengalir, tampilan yang ringan, dan interpretasi potongan denim yang dipadukan dengan etnik.
Direktur sekaligus konsultan fesyen IFW 2024, Ajeng Swastiari mengatakan, benang merah dari berbagai koleksi yang dihadirkan di IFW 2024 adalah pantas dan wearable. “Kami melakukan pembaruan untuk menarik audiens yang lebih muda tanpa mengurangi target pasar IFW yang ada,” ujarnya.
Tahun ini APPMI berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Bank BTN Prioritas, dan Tokopedia dalam penyelenggaraan IFW 2024. Tak kurang dari 250 desainer dan brand terlibat, siapa saja karena ada. menjadi 20 mode. slot pertunjukan.
Tak lupa, sekitar 500 stan peserta pameran akan melengkapi agenda pekan mode tersebut. “Iya ada referensi ide yang diberikan, namun presentasi koleksinya tetap kami serahkan sepenuhnya kepada para desainer, agar mereka bisa berkontribusi kreatif membangun industri fashion lokal,” kata Poppy.
Dalam keterangannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan: “Budaya adalah sesuatu yang membedakan, sesuatu yang dapat menarik pelanggan, harus selalu memberikan kekuatan dalam melakukan sesuatu. tumbuhnya berbagai budaya yang dibawa oleh para pendatang, unik dan dapat dimanfaatkan oleh sektor fashion.”
Sementara itu, Head of Wealth Management Bank BTN Frengky Rosadrian P berharap IFW 2024 bisa menjadi wadah bagi desainer tanah air untuk menampilkan karyanya.
Frengky juga mengatakan pihaknya akan mengundang nasabah terpilih BTN Prioritas untuk menghadiri IFW 2024. “Kami berharap nasabah BTN Prioritas dapat menikmati pengalaman berbeda menikmati karya-karya terbaik desainer ternama Tanah Air,” ujarnya.
“Bukan itu saja,” lanjutnya. “Nasabah BTN Prioritas yang hadir akan mendapatkan penawaran spesial untuk pembelian produk fashion dari berbagai desainer peserta Indonesia Fashion Week 2024, dengan menggunakan Kartu Debit BTN Prioritas Visa Platinum.”
Sementara itu, Fashion Category Development Senior Lead Tokopedia, Vivi Kosidin, mengatakan: “Kampanye ini (IFW 2024) secara khusus mengapresiasi tekstil tradisional Betawi dan setiap kelompok yang berkontribusi dalam pelestariannya, seperti desainer dan perusahaan lokal yang terkait dengannya”.
“Hal ini sangat sejalan dengan komitmen Tokopedia dan TikTok untuk membantu pelaku usaha lokal khususnya UMKM agar bisa tumbuh dan berkembang,” ujarnya. “Kedepannya Tokopedia dan TikTok akan terus berupaya memberikan dukungan menyeluruh kepada perusahaan fashion Indonesia, khususnya di bidang tekstil tradisional.”